Thursday, August 14, 2008

Bermain-main Adhoc Network dalam Wireless LAN

Sebelumnya, yang Ardi sampaikan dalam tulisan ini bukanlah suatu hal yang baru dan mungkin sudah ada tulisan serupa sebelumnya, bahkan sudah dijelaskan di panduan sistem operasi yang Ardi gunakan untuk menyampaikan materi Adhoc Network. Tulisan yang Ardi sampaikan ini pernah Ardi praktikkan dan sangat membantu, oleh karena itu ingin Ardi bagi-bagikan karena ilmu itu ada, ya untuk berbagi.

Di dalam implementasinya, Jaringan Komputer secara lebih detail dibagi kedalam 2 (dua) kategori yakni Infrastructure Network (IN) dan Adhoc Network (AN). Untuk kali ini Ardi tidak akan menjelaskan mengenai IN, namun jika diungkapkan dengan bahasa sederhana, contoh jaringan ini ialah hotspot yang ada dikampus-kampus. Nah, Sekarang mulai yuk mengenal lebih dalam mengenai Adhoc Network.Adhoc Network bisa dipahami sebagai suatu jaringan yang menghubungkan dua divais atau lebih dengan media tertentu, namun tanpa bantuan alat tambahan seperti Access Point .Dalam hal ini jika ada 2 (dua) divais (misal notebook) yang berada diluar wilayah IN ingin saling terkoneksi dan membagi data hal tersebut dapat dilakukan asalkan divais tersebut mempunyai kartu jaringan. Implementasi dari AN ini, ada 1 divais yang berperan sebagai server dan yang lainnya sebagai user. Untuk mempersingkat dan mengurangi kebingungan mengenai Adhock Network yang Ardi sampaikan, untuk itu mari kita menuju praktek langsung yuk.

Dalam praktek kali ini, Ardi menggunakan sistem operasi "Jendela Vista" sebagai medianya. Hal tersebut dilakukan karena sekarang pada umumnya rekan-rekan masih menggunakan sistem operasi dari suatu vendor tersebut. Untuk memulai, silahkan berdoa dulu lalu ikuti langkah berikut :
1. Klik Start, Lalu menuju Control Panel


2. Pada Control Panel, Pilih icon Network&Sharing Connection

3. Kemudian pilih “Setup a connection or network akan muncul Popup

4. Lalu klik, Setup a wireless adhoc network dilanjutkan dengan tombol next, sampai muncul

Berikan nama jaringan dan typenya
Rekomendasi penulis untuk pemula ->
Nama adalah Nama Anda, Security adalah Open, Key dikosongkan, lalu klik next

5. Adhoc network selesai dibuat dan akan muncul gambar berikut


Ket : IP yang didapat oleh pengguna secara default adalah otomatis IP, untuk konfigurasi IP manualnya, pembaca bisa menunggu edisinya dan disarankan untuk melihat-lihat tulisan mengenai "
Subnetting" karena penulis yakin sangat membantu. Untuk menggunakan jaringan yang sudah dibuat, sama halnya menggunakan jaringan sudah ada, pembaca tinggal menuju network connection, lalu klik nama adhoc network yang sudah pembaca buat dan menunggu rekan-rekan yang berada disekitarnya untuk bergabung.

-ilmu itu ada, ya untuk berbagi-

6 comments:

Anonymous said...

Your blog is very creative, when people read this it widens our imaginations.

Anonymous said...

If im in the situation of the owner of this blog. I dont know how to post this kind of topic. he has a nice idea.

Tamrin said...

adhoc itu artinya apa ya? kayak bahasa belanda gitu. hehehe ^_^.

tEtap semangat Rian! eh, Ardy!

Ardiansyah said...

adhoc, kalo menurut kamus.net artinya khusus..
dalam artian, jaringan ini bisa dibuat secara khusus... tanpa melalui infrastructure network

FALIQ BLOG said...

sorry om pendatang baru, sample gambarnya pada tips "Bermain-main Adhoc Network dalam Wireless LAN" kok sample gambarnya pakai windows Vista, produck gagal kok di pakai. malu maluin aja

Ardiansyah said...

hargailah setiap karya orang lain.. meskipun dirimu membencinya.. ex vista... belum tentu qta bisa lebih hebat dari orang2 yang berpikir untuk membuatnya..