Saturday, August 02, 2008

Hari 1 Pasca Milad, Pecahkan Rekor Muri




    Setelah berjanji dalam hati ketika milad kemarin dimana diriku akan berbuat yang terbaik di segala kegiatan yang dilakukan. Hari ini pun (H+1) diriku insya Allah melakukan sesuatu yang mudah-mudahan bukanlah suatu kesia-siaan.

    Acara hari ini, berawal dari telpon temen sejurusanku (Teknik Komputer UI) yang bernama Faris, akhirnya diriku tahu bahwa ada suatu sejarah yang akan diciptakan di JaCC, dan diriku menjadi bagian dari sejarah tersebut dengan menjadi “pendamping”. Acara tersebut bernama “Muri, Free Open Source Software untuk Indonesia”, yakni suatu acara pemecahan rekor muri dengan menginstall 288 laptop dari berbagai merk dengan Sistem Operasi Linux dimana yang digunakan ialah Linux Blankon 3 (Lontara). Menurut analisa pribadi, angka 288 tersebut sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun pemecahan rekor yakni 2-8-2008.

    Acara yang diselenggarakan oleh Menristek, Menkominfo bekerjasama dengan Biskom, DetikInet, Infolinux, dan disponsori oleh SunMicrosystem dan JaCC dimulai pada pukul 10 pagi yang diawali dengan instalasi laptop dengan kegiatan diruangan lain berupa seminar. Bada Sholat Zuhur, acara dilanjutkan dengan Pemecahan Rekor Lainnya, yakni pemecahan rekor muri dengan jumlah posting blogger yang mempunyai tag yang sama yakni “foss” sebanyak 1000 post. Adapun dalam kegiatan kali ini, blog yang digunakan ialah blogdetik.com.

    Acara yang hebat ini, berlangsung dengan amat seru dan meriah dikarenakan peserta pemecahan rekor muri ialah pelajar SMA yang hebat2 karena dapat menginstal Linux dengan cepat dan menuliskan artikel yang bermacam-macam. Kemeriahan lainnya, ialah karena kegiatan ini dimeriahkan oleh artis Sarah Ashari dan Wanda Amidah, Seventeen, dan Putri Indonesia 2006, serta Matta band

    Seperti itulah kegiatanku pada hari ini, hari pertama pasca Milad, yang mudah-mudahan suatu hal yang bermakna dan dapat dipertanggungjawabkan nantinya dihadapkan Allah. Terakhir, sms dari Dika mungkin bisa jadi penutup..

    “Sukses ya, lakukanlah yang terbaik yang bisa kamu lakukan kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun, tetap semangat ya!”